Blog

Menikmati Sore di Pantai Ngetun Gunung Kidul Bersama Penyu-penyu Kecil

Sudah berapa pantai di Kabupaten Gunung Kidul yang pernah kalian kunjungi selama ini ? Bisa jadi jumlah pantai yang pernah dikunjungi belum ada separuh dari jumlah pantai di pesisir selatan. Sebab Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak sekali pantai dengan berbagai keunikan dan karakteristik sendiri. Misalnya saja Pantai Ngetun Gunung Kidul , pantai ini menyuguhkan bentang alam perbukitan yang dipadukan dengan hamparan luas laut selatan.

Meski belum memiliki nama besar seperti pantai-pantai lain layaknya Baron, Sepanjang, Kukup, Wedi Ombo akan tetapi pesona Pantai Ngetun Gunung Kidul jangan dianggap sebelah mata, sebab keindahan alam yang ada mampu menghipnotis kalian untuk berlama-lama disini. Saat perasaan sedang naik turun dan pikiran sedang kacau, pantai ini bisa menjadi pilihan untuk mencari ketenangan pikiran dan hati.

Alamat dan jalan yang harus dilalui untuk sampai di Pantai Ngetun Gunung Kidul

Pantai Ngetun Gunung Kidul terletak di Kalurahan Purwodadi, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Jarak dari kota Jogjakarta sekitar 76 km atau membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 jam lamanya, ada beberapa jalur yang bisa dilewati untuk menuju pantai yang eksotis dengan pemandangan alamnya itu.

Yang pertama, kalian bisa melalui jalur menuju Jogja menuju Wonosari-Jalan Baron-Simpang Tiga Mulo-Hargosari-Sidoharjo-Pertigaan Sundak-Indrayanti-Pok Tunggal-Seruni- kemudian masih ke timur beberapa km dan biarlah anda akan sampai di sebuah tempat yang bertuliskan pantai Seruni Gunung Kidul. Ikuti saja papan penunjuk jalan tersebut.

Bisa juga dari Jogja-Wonosari-Jalan Baron-Simpang tiga baron-Kukup- Sundak-Indrayanti-Pok Tunggal-Seruni-Ngetun atau bisa juga mengikuti jalur Tepus dengan mengikuti arahan aplikasi google maps yang memudahkan. Ada banyak sekali pantai yang anda lewati, jika waktunya masih cukup bisa sekalian singgah di pantai-pantai tersebut.

Harga Tiket Masuk Pantai Seruni Gunung Kidul

Kawasan pantai Seruni ini memang belum begitu banyak dikunjungi oleh orang luar atau wisatawan. Mungkin karena obyek wisata tersebut belum begitu terkenal dan akses jalannya susah. Pengembangan dari masyarakat juga belum begitu maksimal, untuk masuk ke kawasan pantai Seruni Gunungkidul ternyata tidak dipungut biaya loh.

Tetapi kalian harus membayar uang parkir sebesar Rp 3.000 sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Pastinya cukup murah ya berkunjung ke kawasan pantai ini tidak menguras kantong. Paling kalian hanya menyediakan uang untuk parkir, bahan bakar, dan makan saja.

Tentang Pantai Ngetun Gunung Kidul

Konon ada sebuah cerita yang sampai sekarang masih diyakini oleh masyarakat setempat dan para wisatawan. Saat berjalan menuju bibir pantai akan dijumpai sebuah batu besar. Selama ini masyarakat setempat percaya jika ada seseorang yang memegang bat tersebut, akan ada kesialan yang dialami dalam hidupnya. Yaitu yang bersangkutan akan menjadi gila. Di awal-awal dulu masyarakat sering berpesan kepada para wisatawan untuk tidak memegang batu tersebut.

Sebagian besar wisatawan juga mengindahkan larangan tersebut. Selain menghindari bahaya dan menghormati mitos yang ada, para wisatawan ini memiliki prinsip jika kedatangan mereka ke Pantai Ngetun hanya untuk berwisata bukan untuk merusak atau melakukan hal-hal yang aneh, dan tetap menjaga kawasan wisata tersebut.

Daya Tarik yang Ditawarkan Oleh Pantai Ngetun

Pemandangan alam di kawasan pantai Ngetun tidak boleh dipandang sebelah mata. Saat menatap kedepan anda akan disuguhkan dengan begitu luasnya hamparan laut biru dengan beningnya air laut. Menengok ke sisi timur, barat dan belakang anda akan melihat betapa indahnya perbukitan yang asri. Sayup-sayup terdengar suara burung dan suara warga yang sedang beraktifitas di ladang mereka.

Menunduk ke bawah, kalian dapat melihat betapa eloknya kehidupan di bawah laut. Karang banyak ditumbuhi tumbuhan laut, sejumlah hewan laut bersembunyi malum-malu di karang. Pesona bawah laut ini bisa anda nikmati dengan jelas sebab air lautnya sangat jernih.

Pantai pasir putih selama ini memang menjadi ciri khas kabupaten Gunungkidul, dengan pemandangan lingkungan dan perpaduan pasir putih menjadi sebuah pesona alam yang sangat sempurna. Apa lagi kawasan ini masih sangat sepi, sehingga kalian mau beraktifitas apa saja pastinya tidak harus terburu-buru karena ada wisatawan lain.

Akitiftas yang bisa dilakukan di Pantai Ngetun Gunung Kidul.

Berkunjung ke pantai yang masih sangat sepi dan belum begitu terkenal menjadi keuntungan tersendiri bagi kalian. Pada kunjungan kalian bisa benar-benar menikmati bagaimana indahnya pantai Ngetun ini, seperti berada di pantai milik sendiri pastinya akan bebas melakukan aktifitas. Kemudian bagi yang ingin menikmati kesunyian untuk ketenangan hati dan pikiran pastinya Pantai Ngetun Gunung Kidul menjadi rekomendasinya.

Ada beberapa aktifitas yang bisa dilakukan diantaranya :

1. Sunset Dan Sunrise

Puas bermain air, istirahatlah di pinggir pantai. Duduk-duduk relax dan menikmati semilirnya angin laut. Menikmati setiap hembusan yang diiringi suara ombak layaknya bernyanyi. Menjelang sore, pastinya posisi matahari akan semakin kebarat, pada momen ii bisa menjadi sebuah momen yang istimewa. Melihat dan menikmati senja di pinggir pantai bersama pujaan hati ataupun teman-teman kalian. Esok harinya, saat matahari mulai menampakkan diri keindahannya juga tidak kalah elok.

Abadikan setiap momen yang anda lakukan. Spot di kawasan pantai ini sangat beragam, bawalah handphone atau kamera yang mumpuni untuk jepret-jepret foto.

2. Memancing

Selain warga setempat, para wisatawan dari berbagai daerah juga banyak yang melakukan aktifitas di pantai Ngetun untuk memancing. Spot yang ada sangat cocok untuk rock fishing, tak heran ada orang dari berbagai daerah yang sehari semalam memancing di tebing-tebing pantai Ngetun. Bagi kalian yang hobi memancing jangan lupa membawa alat sendiri.

3. Camping

Rasanya rugi jika berwisata ke Pantai Ngetun hanya dalam hitungan jam saja. Sangat sayang jika sudah sampai di Pantai Ngetun kemudian tidak ngecamp bersama dengan teman-teman di kawasan pantai ini. Meski tergolong pantai yang sangat mungil bibir pantainya, akan tetapi yakinlah mendirikan tenda di pantai ini dan menikmati malam di alam liar menjadi sebuah sensasi tersendiri.

Biasanya para anak muda dari berbagai daerah dan para mahasiswa datang ke sini pada sore hari kemudian mendirikan tenda di pinggir-pinggir pantai. Barulah esok harinya mereka melakukan aktifitas bermain air dan lainnya, selanjutnya pada siang atau sore harinya kembali ke daerah asal mereka.

Saat weekend atau libur panjang pasti akan banyak sekali wisatawan yang ngecamp di pantai Seruni. Pastikan ya gelombang air lautnya sedang bersahabat, jika sedang tinggi jangan nekat mendirikan tenda di bibir pantai, bisa jadi tenda anda akan terbawa arus. Pastikan pula perbekalan anda jug mencukupi untuk hari ini dan esok.

4. Bermain Dengan Biota Laut

Berenang dan bermain air menjadi kegiatan yang wajib dilakukan. Lihatlah betapa beningnya air di pantai tersebut.semua aktifitas biota laut akan nampak jelas. Banyak juga yang beranggapan layaknya melihat akuarium alam.
Eh tahu tidak ? karena masih sepi, asli, dan asli pantai ini sering digunakan untuk pendaratan penyu untuk bertelur. Sehingga jika beruntung pastinya bisa melihat dengan jelas penyu kecil-kecil berjalan menuju lautan dan tergerus ombak.

Yuk agendakan kapan akan mengeksplor pantai Ngetun. Selamat berkunjung yaa..

 

Related Posts