Blog

Menyusuri Goa Pindul Yang Menjadi Salah Satu Magnet Pariwisata Gunung Kidul

Selain pantai ada banyak sekali obyek wisata di Kabupaten Gunung Kidul yang bisa kalian kunjungi untuk mengisi waktu liburan kalian. Salah satu obyek wisata non pantai yang memiliki nama besar dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dari luar DIY maupun luar negeri adalah Goa Pindul. Obyek wisata ini dulu sangat booming, setiap harinya banyak dipadati untuk menengok secara langsung apa yang menjadi keindahan Goa pindul.

Obyek wisata ini sampai dengan sekarang masih sangat diminati oleh wisatawan dari berbagai daerah karena keindahannya. Selain unik, salah satu komponen yang ada di dalam Goa Pindul ini ada yang diakui oleh dunia, hal itu adalah stalaktit yang ada diakui sebagai stalaktit terbesar di dunia nomor 4 setelah stalagtit di berbagai obyek wisata luar negeri.

Kali ini kita akan sedikit membahas mengenai Goa Pindul Gunung Kidul ini,

Libur panjang pastinya akan sangat membosankan jika hanya di rumah saja. Sesekali keluar untuk menikmati liburan bersama dengan keluarga atau teman-teman tidak ada salahnya loh.. bisa saja kalian menyiapkan budget untuk liburan singkat di satu daerah bisa juga keluar daerah. Misalnya saja dengan mengunjungi obyek wisata Goa Pindul Gunung Kidul.

Letak Goa Pindul Gunung Kidul

Obyek wisata ini berada di Padukuhan Gelaran II, Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk sampai di tempat wisata ini kalian harus menempuh perjalanan 1 jam 45 menit hingga 2 jam jika berangkat dari pusat kota Yogyakarta.

Rute yang harus dilalui yaitu Jogja – Piyungan – Patuk – Wonosari sampai di bundaran Siyono arahkan kendaraan ke kiri yaitu ke Kalurahan Piyaman, ikuti saja jalur lingkar utara tersebut. Nanti kalian akan bertemu dengan simpang empat Grogol, arahkan kendaraan ke kiri, melewati pedesaan. Ikuti saja jalur tersebut dan akan sampai di TPR Goa Pindul.

Harga Tiket Masuk Goa Pindul Gunung Kidul

Wisata di Kabupaten Gunung Kidul terkenal murahnya, hanya dengan membayar Rp 10.000 kalian sudah bisa masuk ke kawasan ini. Tapi jika menginginkan mencoba wahana yang ada dengan menyusuri goa bawah tanah tersebut kalian harus membayar lagi sebesar Rp 40.000 per orangnya. Kalian akan sangat puas menikmati indahnya Goa Pindul Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika ingin menambah paket wisata pastinya dikenakan biaya tambahan lainnya ya.

Daya tarik Goa Pindul Gunung Kidul

Mengunjungi obyek wisata ini kalian akan dimanjakan dengan bentang alam kawasan karst yang sangat luar biasa indahnya. Disamping itu lingkungannya juga sangat indah, banyak pilihan saat akan melakukan aktivitas di kawasan ini.

1. Susur Sungai Goa Pindul

Setelah diberi arahan oleh para pemandu wisata kalian akan diajak untuk menyusuri sungai dan goa di Pindul.lebar goa ini sekitar 5 meter dengan panjang goa sekitar 350 meter dengan kedalaman air bervariasi mulai dari 5 meter sampai dengan 12 meter. Perlengkapan yang digunakan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yaitu harus menggunakan pelampung dan mengikuti panduan dari petugas. Waktu susur sungai dan goa ini sekitar 45 menit, sehingga pastikan kondisi kesehatan kalian sedang bagus ya guys, agar betah berlama-lama di dalam air.

2. Keunikan Stalaktit dan Stalagmit di Goa Pindul

Goa sangat identik dengan stalaktit dan stalagmit di setiap dinding-dindingnya. Ini menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Di obyek wisata ini dua hal tersebut ternyata menjadi yang terbesar keempat di dunia dan telah diakui secara internasional. Stalagtit dan stalagmit ini terletak di tengahan goa dimana celahnya hanya bisa dilalui oleh satu orang saja.

Dua hal ini sangatlah unik dan mempesona, tak jarang pengunjung sangat kagum dan takjub dengan apa yang ada di depan mata mereka.

3. Batu Tirai

Di dalam goa terdapat batu besar yang bentuknya sangat unik. Batu yang terbentuk sejak jutaan tahun lalu ini bentuknya menyerupai tirai sehingga warga sini sejak dulu menamakan batu tirai. Saat menyusuri sungai dan goa Pindul kalian juga akan menemukan sebuah titik yang luar biasa indahnya yaitu sumur terbalik atau yang lebih dikenal dengan lorong cahaya surge. Dimana saat siang sekitar jam 10.00 sampai dengan 12.00 WIB dari lorong tersebut akan masuk cahaya matahari yang menyinari. Cahaya ini akan dipantulkan oleh air di sungai tersebut.

Selain susur Goa Pindul kalian juga bisa kok mencoba sejumlah paket lain yang ada di kawasan tersebut, mulai dari telaga mriwis putih, goa gelatik, goa tanding, air terjun pengantin dan lainnya. Jika ingin yang lebih ekstrim kalian bisa mengambil paket offroad di dari kawasan goa pindul dengan medan yang beragam.

Pastinya untuk biaya offroad ini akan menguras kantong. Namun dijamin liburan kalian akan berkesan dan pengalaman akan bertambah.

Lelah menikmati seru dan indahnya Goa Pindul pasti perut akan merasakan lapar. Eist tidak usah khawatir karena ada warung dan rumah makan yang menyediakan berbagai menu makanan. Harganya pun relatif murah juga.

Related Posts