Blog

Ngecamp Asik di Sundak Beach Yogyakarta

Berwisata ke Kabupaten Gunung Kidul memang harus menyediakan waktu yang longgar, sebab obyek wisata yang ditawarkan sangat banyak apalagi dengan wisata pantainya. Daerah yang dulunya dikenal sebagai daerah tandus ini memang memiliki banyak sekali pantai. Maklum saja garis pantainya sangat panjang yaitu sekitar 72 km dari ujung barat sampai ujung timur. Salah satu tempat wisata yang bisa menjadi pilihan untuk berlibur adalah Pantai Sundak.

Pantai ini sangat cocok bagi anda yang berlibur bersama teman, keluarga atau bahkan dengan rekan kerja yang akan melakukan games seru-seruan untuk semakin mengakrabkan hubungan. Bibir pantainya sangat luas kemudian area di depan pantai juga sangat luas bahkan ada pula pendopo yang sering digunakan untuk berbagai acara baik formal maupun non formal.

Cerita dibalik Nama Pantai Sundak

Pantai ini memiliki sejarah tersendiri sampai pada akhirnya masyarakat setempat menyebutnya pantai Sundak. Konon katanya ada seekor asu (anjing) yang berlari masuk ke goa kemudian bertemu dengan seekor landak laut di dalam goa tersebut. Kedua binatang ini kemudian bertengkar dan si anjing lah yang menang. Dari situ masyarakat menamai pantai ini menjadi Sundak (Asu dan Landak).

Sundak beach Yogyakarta ini karakteristiknya hampir sama dengan pantai-pantai lain. Dimana pasirnya berwarna putih dan halus kemudian yang sedikit membedakan adalah adanya aliran sungai yang bisa dilihat pada saat musim penghujan tiba.

Harga Tiket Sundak Beach Yogyakarta.

Masuk di obyek wisata satu ini, tiket masuk yang harus dibeli yaitu seharag Rp 10.000 untuk satu orangnya. Tiket ini dibeli saat melintasi tempat pemungutan retribusi (TPR) di sekitar kawasan Baron ataupun JJLS atau di pos TPR Tepus. 1 lembar tiket dengan harga Rp 10.000 ini bisa digunakan untuk memasuki beberapa kawasan pantai selatan di Gunung Kidul, termasuk di Sundak Beach Yogyakarta ini.

Selain membayar tiket masuk, anda juga harus membayar uang parkir. paling hanya sekitar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil pribadi. Jika akan menggunakan pendopo untuk kegiatan khusus maka harus konsultasi terlebih dulu dengan pengelola. Pastinya ada biaya yang harus dibayarkan saat menyewa tempat tersebut.

Lokasi Pantai Sundak.

Sundak beach Yogyakarta ini terletak di Kalurahan Sidoharjo, Kapanewon Tepus. Adapun jarak tempuh dari kota Wonosari sekitar 35 km, atau 50 hingga 1 jam menempuh perjalanan. Jika berangkat dari kota Jogja, waktu perjalanan yang ditempuh sekitar 2 jam lamanya. Terdapat dua jalur yang bisa dilalui untuk sampai di Pantai Sundak.

Yang pertama arahkan kendaraan anda ke Jalan Jogja Wonosari-Piyungan-Patuk-Wonosari-Jalan Baron-Simpang tiga Mulo-Hargosari. Ikuti saja jalan aspal itu dan perhatikanlah penunjuk jalan yang terpasang di beberapa ruas jalan. Jangan kaget jika melintasi jalur ini anda akan disuguhkan pemandangan perbukitan, jalan yang berliku naik turun. Hati-hati saat melintasi jalan ini, apalagi kalau malam hari sebab jalurnya sangat gelap. Terlebih saat melintas di hutan-hutan. Nanti anda akan sampai di pertigaan Sundak.

Yang kedua yaitu ke Jalan Jogja Wonosari-Piyungan-Patuk-Wonosari-Jalan Baron sampai di simpang 3 Mulo jangan mengambil yang ke kiri. Namun arahkan kendaraan anda lurus menuju TPR utama kawasan Baron. Sampai di pertigaan Baron arahkan kendaraan ke kiri. Melewati pantai Kukup, Krakal, Sepanjang dan lainnya. Nanti akan sampai di gang masuk pantai Sundak.

Dari jalan utama menuju parkiran pantai Sundak jaraknya sekitar 300 meter, jalannya agak terjal jadi anda harus hati-hati.

Daya Tarik dan Aktivitas di Pantai Sundak

Setibanya di pantai Sundak anda belum bisa melihat bagaimana indahnya hamparan pasir putih di kawasan ini. anda harus berjalan dulu menyusuri sejumlah pedagang makanan dan oleh-oleh, baru kemudian sampai di tepi pantai yang indah yang menawan ini.

Sejumlah gazebo berjajar rapi di kawasan ini. Anda bisa menggunakannya untuk beristirahat sejenak untuk melepas lelah di perjalanan. Ombak di sepanjang beach Yogyakarta ini tergolong landai, jadi pastinya anda tidak sabaran untuk bermain air di sini. Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan saat mengunjungi pantai sundak.

1. Duduk Santai Menikmati Pemandangan

Aktifitas yang banyak dilakukan orang adalah duduk menikmati indahnya pemandangan pantai setelah lelah bermain air. Menyantap makanan yang dibawa dari rumah ataupun dibeli di lokasi. Memandang luasnya laut selatan ditemani dengan suara ombak yang saut-sautan dan birunya langit di siang hari. Jika terik matahari terlalu menyengat, bisa juga menyewa tikar dan payung yang disediakan oleh pedagang.

2. Camping Ground Dan Outbond

Biasanya kawasan pantai Sundak sering digunakan sebagai lokasi kegiatan baik formal maupun non formal. Mulai dari acara anak sekolah, mahasiswa, komunitas, hingga acara keluarga. Kebanyakan dari anak sekolah mahasiswa dan komunitas memilih camping di area pasir maupun di depan pendopo Sundak. Kemudian diadakan acara-acara yang mengakrabkan satu dengan yang lainnya. Saat camping di tepi pantai, sebaiknya anda lihat dulu bagaimana prakiraan cuaca oleh BMKG, jika memang ada peringatan gelombang tinggi anda jangan nekat camping disini.

Di sebelah barat pendopo ada sebuah panggung yang bisa digunakan untuk duduk-duduk menikmati rindangnya pepohonan di situ. Dengan adanya panggung ini bisa menjadi tempat anda berfoto, pastikan juga mengambil foto dari sisi yang tepat sehingga menghasilkan foto yang menarik.
Selain di sini ada beberapa spot-spot yang dibuat menarik oleh pihak pengelola.

3. Main Bersama Ikan

Air laut disini sangat jernih, coba saja saat bermain air sesekali melihat ke bawah, pastinya air sangat jernih sehingga karang dan binatang laut akan nampak jelas. Jika berada di spot yang tepat anda pastinya akan bisa melihat ikan-ikan kecil berenang ada yang mengikuti anda bergerak dan ada juga yang menjauh. Anda bisa menikmati sensasi berenang dan bermain bersama dengan ikan ini. Tapi juga harus waspada, sebab kawasan pantai banyak bulu babi dan karang yang tajam.

4. Berburu kuliner

Sebenarnya anda tidak perlu membawa bekal dari rumah, sebab di kawasan ini banyak sekali pedagang yang menjajakan camilan, makanan dan lainnya. Anda mau menyantap seafood tinggal pesan. Pastinya setiap rumah makan memiliki citarasa olahan yang berbeda-beda, harganya pun juga terjangkau kok. Tergantung dengan menu apa yang anda pilih.

Fasilitas di Pantai Sundak Gunung Kidul

Fasilitas yang disediakan sudah sangat lengkap. Jadi anda tidak perlu khawatir, parkiran luas, kamar mandi yang disediakan banyak hanya dengan membayar Rp 2.000 untuk buang air kecil, kemudian tempat ibadah juga mumpuni.

Selain itu, untuk penginapan juga berdiri banyak dengan beragam karakteristik. Jika anda ingin dengan harga murah ada banyak selai penginapan di sini. Kemudian ada yang harganya lumayan pastinya tempat yang disediakan lebih bagus, fasilitas komplit dan menjual view yang menarik pula untuk menikmati pantai Sundak.

Related Posts