Blog

Sejuknya Kawasan Waduk Sermo yang Eksotis nan Romantis

Mendengar nama Kulon Progo apa yang terbesit di benak anda ? Ya betul sekali, pariwisata pegunungan yang menjadi daya tarik daerah ini. Ada banyak sekali tempat wisata alam yang sungguh luar biasa eksotis dan wajib dikunjungi saat berlibur di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Salah satu yang cukup terkenal adalah wisata Waduk Sermo. Bendungan buatan jaman pemerintahan Presiden Soeharto tersebut selama ini cukup tersohor di Kulon Progo. Selain memiliki fungsi pengairan dan irigasi untuk lahan pertanian sekitar, waduk sermo juga menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan berbagai daerah loh.

Waduk Sermo memiliki magnet tersendiri untuk menarik wisatawan berkunjung kesini. Penasaran dengan apa keunikan dan pesona Waduk Sermo ya ? Kali ini kita akan membahas tentang waduk tersebut, semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin berlibur di Kulon Progo ya..

Alamat Waduk Sermo

Wisata pemandangan alam itu berada di Padukuhan Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap. Jarak dari Jogja sekitar 30 km, untuk sampai di tempat tersebut bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan sampai di Kokap.

Daya Tarik dan Aktifitas di Waduk Sermo.

Waduk Sermo sudah ada sejak puluhan tahun silam, dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Yang mana dalam proses pembuatan waduk ini memerlukan waktu sekitar dua tahun lamanya. Lokasinya berada di tengah-tengah pegunungan Menoreh yang sangat terkenal di Kulon Progo.

Dipilihnya tempat ini tentu sangat beralasan, yaitu sumber air yang sangat melimpah. Sehingga memudahkan warga sekitar untuk mengalirkan air dari sini ke setiap pengairan dan irigasi yang ada.

Berada di tengah-tengah pegunungan ini juga menjadikan suasana dan hawa disini sangat sejuk, tenang, dan nyaman. Kalian yang berkunjung bisa dimanjakan dengan kesunyian dan tenangnya suasana. Pepohonan disini juga tumbuh subur dan rimbun, matahari yang masuk seolah harus menembus sela-sela pepohonan yang ada.

Bayangkan saja dulu berada di sekitar Waduk Sermo yang tenang eksotis ini. Tentunya bisa merefresh pikiran dan merelaksasi diri, menengok ke waduk airnya sangat jernih bayangan wajah kalian akan nampak jelas. Burung liar yang ada disini seolah menyambut kedatangan kalian, suaranya bersaut-sautan menemani liburan di Waduk Sermo.

Berada di sini, kalian akan sangat betah loh. Ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di Waduk Sermo. Beberapa diantaranya :

1. Keliling Menggunakan Perahu Motor

Dari kawasan Waduk Sermo, pegunungan Menoreh akan nampak begitu jelas. Terbelih saat kalian ke tengah waduk menggunakan perahu motor pemandangan yang disuguhkan sungguh luar biasa indahnya. Anda akan dibuat kagum dengan suasana alam asri yang romantis ini, nikmati saja berkeliling waduk dengan perahu motor.

Jangan lupa mengabadikan aktifitas dengan foto ya. Eh iya jika memiliki konsep yang unik bisa loh Waduk Sermo digunakan untuk foto prewedding. Hehe

2. Gethek

Alat yang satu ini sangat sederhana, biasanya warga sekitar untuk menyisiri waduk sermo. Gethek sendiri terbuat dari bilah-bilah bambu yang ukurannya tidak terlalu lebar, asyik dan menantang adrenalin menggunakan alat ini. Memberi pengalaman tersendiri bagi kalian yang tidak pernah menaiki alat tradisional dan sederhana tersebut.

3. Camping

Berkunjung ke Waduk Sermo jangan terburu-buru untuk pulang. Jika memiliki waktu luang bisa loh kalian camping di kawasan ini. Sudah banyak wisatawan dari berbagai daerah yang ngecamp di Waduk Sermo.

Menikmati indahnya malam hari kemudian menyambut pagi. Rasanya begitu segar saat pagi hari, secarik cahaya seolah menembus rimbunnya pepohonan yang diselimuti kabut.

Di Waduk Sermo ini selama ini diyakini ada sebuah makam sesepuh warga setempat yaitu Mbah Sermo. Banyak yang beranggapan lokasi makam dulunya berada di tengah-tengah waduk dan sudah dipindahkan sejak pembangunan dilakukan. Tapi tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa makam sesepuh tersebut masih berada di lokasi itu.

Fasilitas di Waduk Sermo

Fasilitas disini sudah lumayan mumpuni. Jadi tidak perlu kebingungan, saat memutuskan untuk camping jangan lupa membawa bekal yang cukup juga ya.

 

Related Posts