Blog

Uniknya Perpaduan Wisata Alam dan Edukasi di Baron Techno Park

Selain wisata alam, Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki segudang pilihan obyek wisata lainnya. Salah satunya adalah wisata edukasi yang menambah pengalaman serta pengetahuan kalian. Adalah obyek wisata Baron Techno Park yang terletak berdekatan dengan Pantai Parang Racuk.

Saat memutuskan berkunjung ke boyek wisata ini pstinya kalian akan mendapatkan banyak sekali pengetahuan dan dibuat terpeseona dengan keindahan tempat ini. Iya, Baron Techno Park merupakan gabungan kawasan wisata alam yaitu pantai dengan wisata edukas. Yuk kuta bahas mengenai kawasan wisata yang satu ini.

Letak dan Rute Baron Techno Park

Alamat obyek wisata ini adalah di Kalurahan Kanigoro, Kapanewon Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju kesini, rute yang harus dilalui adalah Kota Jogja – Piyungan – Patuk – Wonosari – Jalan Baron – Kemadang – TPR Baron – Simpang Tiga Baron arahkan kendaraan ke kanan mengikuti jalur ke obyek wisata Baron Techno Park.

Bisa juga dari Jogja – Sewon – Imogiri – Panggang – masuk JJLS Saptosari – Planjan – TPR JJLS – Baron Techno Park. Jika bingung manfaatkan saja aplikasi google maps agar kalian tidak tersesat. Jarak tempuhnya sekitar 58 km dari pusat kota Yogyakarta atau membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam 30 menit dengan kendaraan pribadi dan kecepatan sedang.

Perhatikan kecepatan kendaraan kalian, jika tidak hafal medan hati-hati jangan paksakan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Sebab kontur jalan yang dilalui bergelombang, menikung, naik turun tajam, dan jalannya juga sempit.

Saat weekend atau long weekend kondisi jalanan akan sangat ramai, jika berpapasan dengan kendaraan besar seperti bus atau elf sebaiknya anda mengalah untuk berhenti. Berikan jalur untuk kendaraan lain terlebih dahulu.

Perjalanan tidak cukup sampai disitu saja loh, saat memasuki gang menuju Baron Techno Park kalian akan menemui kondisi jalan yang beragam, oh iya layaknya membelah gunung kalian akan melewati jalan yang sekitarnya hanya bukit dan ladang pertanian. Rasa bosan di perjalanan akan hilang melihat pemandangan pedesaan yang asri, kalian juga akan bertemu dengan para petani yang sedang menggarap lahan mereka.

Harga Tiket Masuk Baron Techno Park

Harga tiket sebesar Rp 10.000 harus anda bayarkan saat berada di TPR Utama ataupun TPR JJLS. Dengan satu tiket ini kalian bisa menikmati sepuasnya pantai selatan Gunung Kidul dari Pantai Baron ke timur.

Selain retribusi, siapkan juga uang untuk membayar biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Saat memutuskan berkunjung ke Baron Techno Park persiapkan bekal seperti dari air minum dan snack. Kemudian juga perlengkapan untuk foto-foto.

Tentang Baron Techno Park

Kawasan ini mulai dikembangkan sejak tahun 2009 silam. Untuk pembangunan kawasan ini anggaran yang digunakan adalah bantuan dari Norad-Norwegia yang dikhususkan untuk kawasan penelitian di pesisir selatan Gunungkidul.

Kawasan ini merupakan lokasi penelitian oleh Balai Pengkajian Dinamika Pantai (BPDP) unit dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)Yogyakarta. Balai ini melakukan pengkajian dan penelitian atas fenomena pantai yang terjadi. Disamping itu lembaga ini juga membuat listrik alternatif dengan memanfaatkan gelombang laut selatan serta kincir angin. Spot yang menarik di Baron Techno Park adalah adanya jam matahari yang unik.

Beberapa tahun lalu di kawasan juga melakukan penelitian dan uji coba mengolah atau mengubah air laut menjadi air konsumsi. Jika kalian penasaran bisa saja mencari tahu bertanya dengan penjaga atau petugas di sana. Pasti akan diberikan pengerian..

Meski merupakan kawasan untuk penelitian, namun Baron Techno Park dibuka untuk umum mulai jam 06.00 sampai dengan 18.00 WIB. Beberapa aktifitas yang bisa dilakukan diantaranya ;

  • Foto – foto

Ada banyak spot foto menarik di Baron Techno Park, saat anda berjalan akan dari parkiran ada bangak gazebo di pinggir menghadap lautan. Gazebo ini bentuknya juga unik, seperti rumah kayu. Kalian bisa berfoto seperti sedang berada di kawasan bukan pantai. Banyak orang yang juga berfoto di sini dan kemudian diupload di media sosial mereka.

Dari tebing ini, kalian juga bisa melihat beberapa pantai di sebelah timur parangracuk. Aktivitas di sana juga akan terlihat meskipun samar dan sangat kecil.Ambillah foto dari sisi yang tepat agar mendapatkan hasil yang cantik dan menarik. Selain wisatawan, para fotografer juga sering datang untuk mengambil foto pada spot-spot yang unik.

  • Menikmati Senja dari Tebing Pantai

Waktu yang cocok berkunjung ke pantai Parangracuk Gunung Kidul adalah sore hari. Sekitar pukul 16.00 WIB tidak terlalu panas dan cocok untuk bersantai di pinggir tebing. Jangan terburu-buru meninggalkan pantai ini, nikmati saja keindahan dan ketenangan suasananya. Jika datang di pagi hari kalian bisa melihat aktifitas nelayan di laut.

Kawasan ini berdekatan dengan beberapa obyek wisata terkenal. oh iya jika ingin bermain juga bisa mengunjungi panati Parangracuk yang sangat dekat dengan Baron Techno Park, atau jika ingin mencari ikan dan olahan laut bisa ke Panati Baron.

Pastinya liburan dengan mengunjungi baron Techno Park akan sangat berkesan dan menambah wawasan kalian. Segera agendakan kesini ya..

Related Posts